Perkembangan Terbaru di Dunia Web




Website adalah sering juga disebut web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya , baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Lanjut ke inti dari judulnya, web sudah banyak sekali perkembangan nya dari tahun ke tahun. Namun apabila membahas dari awal akan memakan waktu lama maka dari itu saya disini akan membahas perkembangan web dari mulai tahun 2016 sampai 2017 (Sekarang).

WEB 3.0       
Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.Web 3.0 memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide.Jadi, disini web seolah-olah sudah seperti asisten pribadi kita. Dengan menggunakan teknologi 3D animasi, kita bisa membuat profil avatar yang sesuai dengan karakter, kemudian melakukan aktivitas di dunia maya seperti layaknya di dunia nyata. Kita bisa berjalan-jalan, pergi ke mall, bercakap-cakap dengan teman yang lain. Ya, Web 3.0 adalah dunia virtual kita.

Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta.

Teknologi Pengembangan Web Terbaru
 Saat ini, salah satu trend teknologi yang cepat berkembang adalah pengembangan web atau web development. Hal ini diikuti dengan bangkitnya solusi-solusi pengembangan front-end yang baru dan bertenaga, sehingga ruang lingkup untuk pembangunan website dan desain interface tumbuh dengan sangat cepat.
Saat ini dalam hal pengembangan web, kita memiliki :
·         Frameworks
·         UI library
·         Teknologi pengembangan mobile
·         Software aplikasi

Dalam hal front-end frameworks dan library ini, memungkinkan para pengembang untuk melakukan uji coba dengan kisaran berbagai kemungkinan dalam area berbeda pada pengembangan web. Pengembangan web secara luas mengacu pada tugas-tugas yang terkait dalam pengembangan  website untuk hosting melalui internet atau intranet.

Berikut 5 perkembangan terbaru pada dunia web :

1.        CAKE PHP FRAMEWORK


 Cake PHP merupakan open-source PHP terdepan, yang menyediakan banyak fitur seperti form validasi, perlindungan CSRF, pencegahan XSS, code generation sebagainya.

 Namun, karena berada di atas PHP, maka diperlukan terlebih dahulu dasar pemahaman untuk :
a) Pemrograman berorientasi objek- minimal mengetahui untuk membuat fungsi atau method.
 b) PHP array
 c) Pemahaman mengenai MYSQL dan menulis skema database yang clean.
 d) Memahami mengenai sesidan PHP post data

 Beberapa situs untuk belajar CakePHP framework ini adalah :
 a) CakePHP Documentation
 b) CakePHP Developer Blog
 c) Codex World CakePHP Tutorial
 d) Lynda Cake PHP Tutorial
 e) Udemy CakePHP Beginner Tutorial
 f) Introduction to CakePHP Framework
 g) Eduonix Course on CakePHP
 h) Beginning CakePHP: From Novice to Profesional
 i) CakePHP: Questionand Answers
j)CakePHP Fest  

2.       LARAVEL FRAMEWORK
 

                Laravel merupakan salah satu open-source PHP framework yang kuat dan populer. Versi terakhirnya dilengkapi dengan fitur modern dan sangat berguna seperti object-relational mapping (ORM), routing, autentifikasi, queue library dan sebagainya.

 Laravel ditujukan agar proses pengembangan menjadi sesuatu yang 'menyenangkan', bagi developer tanpa mengorbankan sisi fungsionalnya.

3.       VISUALISASI DATA MENGGUNAKAN D3JS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaEEKVUGGaSG2bL-uMmcU5h-GG3TcnpXJ9EbS2yafnWZjVOY_nMewt-HMMEKqI8AaqfHk4a7yemwk0YYzXQTbToVt4pVRnY9tf74GkE_ENA3KVxSiBb8Y99tNC2CvNSj-laE0Hr9VZjRXI/s1600/D3.js-Logo.png


 D3Jsmerupakan JavaScript library untuk menghasilkan visualisasi data yang dinamis dan interaktif pada browser web. Digunakan secara luas penerapannya pada standar SVG, HTML5 dan CSS, serta sebagai penerus kesuksesan dari pendahulunya yaitu Protovis framework.

 Dalam era bisnis modern, visualisasi data merupakanaspek yang sangatpenting.Visualisasi data ini akan memungkinkan presentasi data dilakukan dengan elemen visual yang interaktif, seperti menggunakan diagram statistik, diagram batang, diagram lingkaran dan lain sebagainya.

4.      JQUERY MOBILE

 JQuery mobile adalah sisteminterface berdasarkan HTML 5, yang didesain untuk membuat website yang responsif dan aplikasi yang dapat diakses oleh semua smartphone, tablet dan perangkat dekstop.
 

Pengembangan mobile saat ini  membuka peluang besar dalam pertumbuhan karir. Namun, tantangan terbesar yang dimiliki oleh para mobile developer adalah bagaimana agar aplikasi dan website dapat berjalan dengan mulus pada berbagai perangkat seperti pada berbagai  platform.

 Jquery mobile merupakan suatu teknologi software yang sangat kuat, yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan aplikasi mobile lintas platform yang beroperasi pada berbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, selain itu juga mendukung berbagai sistem operasi pada mobile, seperti android, iOS dan Windows.

5.       ANGULAR 2

 

Angular 2 adalah front-end framework lintas platform yang modern, yang telah mempertahankan semua fitur utama dari angular.js. Disamping itu, Angular 2 juga sudah menyediakan fitur tambahan dan kemampuan-kemampuan lainnya, sepertI orientasi objek yang mudah, penggabungan Flux dan React.js, penggunaanuang komponen, dan dukungan robust untuk pengembangan mobile.

 Sedangkan angular.js merupakanteknologipengembangan web yang sangatkuat, danjuga cukup populer dikalangan para web developer.Saat ini, angular.js telah melakukan sebagian besar update pada versi terbarunya dan angular 2 telah dirilis.

Trend Pemrograman Web
1.   Javascript yang terus berkembang
2.   Node.Js Berkembang Menyaingi Php
3.   Munculnya Aplikasi Mobile Berbasis Web
4.   Ajax Akan Terus Berkembang Pesat
5.   PHP Native yang Kini Mulai Ditinggalkan
6.   Wordpress Mendominasi Web Sebagai CMS

Trend Web Design
1.    Wajah Baru Flat Design
2.    Responsive Dan Mobile-First Responsive
3.    Penggunaan Gambar Dan Video Berukuran BesarDan Dominan
4.    Tipografi Lebih Flexible Dan Beragam
5.    Keberagaman Desain UI Elemen

Demikianlah 5 trend teknologipengembangan web padatahun 2016 ini, teknologi memang terus berkembang, dan akan meninggalkan siapa saja yang tidak mau belajar. Jadi, mari kita sama-sama mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan kita, untuk dapat bersaing untuk menyongsong masa depan.

far

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram