Analisis 2 Jurnal Dengan Tema Komputasi Paralel


Dibawah ini adalah analisis dua jurnal mengenai message passing pada komputasi parallel.

A.    Latar Belakang

Saat ini penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah sudah merasuk ke segala bidang. Hal ini karena komputasi dianggap lebih cepat dalam menyelesaikan masalah dibandingkan penyelesaian secara manual. Seiring dengan hal tersebut, semakin dituntut proses komputasi yang semakin cepat. Maka untuk meningkatkan kecepatan proses komputasi dapat ditempuh dengan dua cara, yaitu Peningkatan kecepatan perangkat keras dan peningkatan kecepatan perangkat lunak.

Pemrosesan paralel menjadi sebuah pilihan setelah pemrosesan sekuensial mengalami berbagai masalah dan keterbatasan. Hal ini disebabkan karena kecepatan pemrosesan sekuensial belum mencukupi kebutuhan bidang sains dan rekayasa akan kecepatan komputasi yang tinggi. Pemrograman mempergunakan pemrosesan paralel untuk membuat program yang menyelesaikan suatu masalah dengan waktu eksekusi yang lebih kecil. Singkatnya sistem komputasi akan dilakukan secara bersama-sama  oleh beberapa komputer.

Pada penelitian pertama, peneliti membuat sebuah Jaringan Paralel Diskless Berbasis Message Passing Interfaces. Sedangkan pada penelitian kedua, peneliti melakukan studi komparatif dalam prinsip kerja antara Parallel Virtuall Machine (PVM) dan Message Passing Interface (MPI)dengan memanfaatkan Local Area Network (LAN).

B.     Metode
   
    Dalam penelitian pertama metode yang digunakan adalah metode yang dibuat sesuai dengan tahapan dari proses penelitian. Tahapan identifikasi masalah sampai persiapan hingga pada tahapan uji coba, segala kebutuhan hardware dan software yang digunakan tercantum dalam metode penelitian yang akan dibahas. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Identifikasi masalah, Perencanaan, Desain topologi, Konfigurasi dan pengujian.


    Metode yang dilakukan pada penelitian kedua, yaitu memilih tempat dan waktu penelitian, kemudian dilakukan teknik pengumpulan data dengan cara menentukan masalah yang akan menjadi bahan penelitian, mencari informasi yang diperlukan     agar masalah yang diteliti menjadi jelas kedudukannya, kemudian merumuskan masalah untuk mengetahui langkah-langkah peneilitian, membandingkan Parallel VirtuallMachine (PVM) dan Message Passing Interface (MPI), melakukan studi kepustakaan menggunakan sumber-sumber otentik dari buku, jurnal, dan artikel, lalu menyusun laporan yang merupakan hasil penelitian disusun dan ditulis dengan menggunakan suatu sistematika penulisan yang telah ditentukan.

C.     Analisa

Pengujian pertama untuk menguji apakah komputer paralel yang telah dibuat dapat menjalankan program paralel menggunakan program cpi, yaitu program paralel untuk perhitungan Pi.

Pengujian pada CPU usage dan memory usage dilakukan pada saat program paralel perhitungan Pi dijalankan. Pengujiannya dilakukan untuk membandingkan apakah ada perbedaan penggunaan CPU dan memory pada saat program dijalankan secara serial ataupun paralel. Hasil pengujian CPU usage serial dan CPU usage paralel dapat dilihat pada gambar dibawah.



Gambar dibawah menunjukkan perbandingan penggunaan memory pada node server saat node server sedang menjalankan program paralel. Pada saat dijalankan secara serial membutuhkan 196,5 megabytes, sedangkan saat menjalankan program paralel secara paralel membutuhkan memory 267,6 megabytes.


Hasil penelitian kedua menghasilkan perbandingan antara PVM dan MPI :

Tabel Perbandingan antara PVM dan MPI

D.    Kesimpulan
     
      Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua penelitian ini adalah bahwa permasalahan yang memerlukan sejumlah besar proses komputasi bisa diselesaikan lebih efektif dengan menggunakan kekuatan dari processor dan memori banyak komputer, oleh karena itu penggunaan teknik Message Passing yang digunakan untuk model komputasi paralel dengan memori terdistribusi merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan dengan baik untuk mengelola transfer data di antara proses-proses yang terlibat dalam sistem.

E.     Reverensi

Jurnal 1: http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/13490/1/T1_672011072_Full%20text.pdf

Jurnal 2: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/download/245/231

far

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Instagram