Pengertian Ilmu Sosial Dasar, Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan Perbedaan Antara Ilmu pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Ilmu Sosial Dasar
   
Dalam kehidupan manusia melakukan interaksi sosial baik secara langsung atau tidak langsung . Hal ini terjadi karena manusia perlu menjalin hubungan untuk kehidupannya. Dalam cakupan ilmu interaksi sosial tersebut bisa kita peljari dalam Ilmu Sosial Dasar. 

Ilmu Sosial Dasar merupakan sebuah kajian yang sifatnya tidak terpaku dengan bidang keahlian (disiplin) tertentu. ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonsia dengan berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.  Ilmu problem atau masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Tujuan Umum dari Ilmu Sosial Dasar adalah untuk membantu perkembangan menggunakan pengertian – pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari
pengetahuan,  pemikiran, dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam

Sedangkan tujuan khusus Ilmu Sosial Dasar antara lain sebagai berikut :
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-   masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam      usaha-usaha menanggulanginya.
Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat. 

Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan sosial memiliki persamaan dan perbedaan.

Perbedaan keduanya antara lain :
·         Ilmu sosial dasar diberikan di jenjang Perguruan Tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas.
·         Ilmu Sosial Dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
·         Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Sedangkan untuk persamaan keduanya antara lain :
·         Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
·         Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
·         Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

Source :

far

1 komentar:

Instagram