PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
PERBANDINGAN PERUSAHAAN
PT.
FAJAR SANUBARI TRAVEL DENGAN CV. LAPAK MANDOR
Disusun oleh:
1. Athiatul
Bary (51415109)
2. Ardhi
Putra M (50415938)
3. Farah
Camilla (52415477)
4. Laras
Nisrina (53415786)
5. M.
Baginda Isfa P (53415953)
6. M.
Fadel Maulana (53415919)
4IA01
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI
INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA
2019
Perusahaan adalah tempat
terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap
perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi
perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk
perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang
terdaftar di pemerintah secara resmi.
Ciri perusahaan yang baik ternyata tidak dilihat dari jumlah karyawan, keuntungan yang didapat perusahaan atau jumlah gaji karyawannya. Ada beberapa hal lain yang ternyata bisa dijadikan tolak ukur bagi kita untuk mengetahui seperti apa ciri perusahaan yang baik, antara lain:
1. Transparansi
Asas keterbukaan selalu diterapkan dalam menjalankan bisnis melalui penyediaan informasi yang material dan relevan serta dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh pemangku kepentingan. Informasi yang seluas-luasnya diberikan kepada publik dan pemegang saham, dengan memperhatikan peraturan OJK maupun atas inisiatif sendiri. Laporan-laporan diterbitkan secara berkala dan tepat waktu, yang mencakup Laporan Keuangan Triwulan, Laporan Keuangan Semester, dan Laporan Keuangan Tahunan yang diaudit, serta Laporan Tahunan. Informasi juga diberikan melalui paparan publik, media cetak dan elektronik, serta forum investor.
2. Akuntabilitas
Perseroan memiliki sistem pengelolaan perusahaan yang mendukung terciptanya kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban kinerja organ perusahaan. Prinsip akuntabilitas diterapkan antara lain melalui langkah-langkah pelaporan Direksi kepada Dewan Komisaris mengenai rencana anggaran tahunan dan evaluasi bersama atas kinerja keuangan Perusahaan, penyampaian laporan keuangan pada RUPS Tahunan, pembentukan Audit Internal dan penunjukan auditor eksternal, serta pemberlakuan etika bisnis dan pedoman perilaku Perusahaan.
3. Pertanggungjawaban
Untuk menjaga kesinambungan usaha dalam jangka panjang dan mendapatkan pengakuan sebagai warga korporasi yang baik, maka Perseroan senantiasa menjunjung tinggi kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta melaksanakan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) terpadu yang mencakup aspek Pendidikan, Sosial dan Lingkungan, Perseroan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan sosial yang difokuskan pada pengembangan masyarakat termasuk yang terkait dengan perumahan.
4. Independensi
Perseroan selalu memastikan bahwa pengelolaan perusahaan dilakukan secara independen sehingga masing-masing organ perusahaan tidak saling mendominasi dan tidak dapat diintervensi oleh pihak lain. Sebagai contoh, Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan memiliki pendapat yang independen dalam setiap keputusan yang diambil, namun dimungkinkan untuk mendapatkan saran dari konsultan independen, hukum, sumber daya manusia dan komite-komite untuk menunjang kelancaran tugasnya. Saat ini Dewan Komisaris Perseroan beranggotakan 3 (tiga) orang, 1 (satu) Komisaris Utama dan 2 (dua) lainnya Komisaris.
5. Kewajaran dan Kesetaraan
Di perusahaan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya selalu mendapatkan perhatian khusus. Perusahaan juga selalu menerapkan perlakuan yang setara baik kepada publik, otoritas pasar modal, komunitas pasar modal, maupun para pemangku kepentingan. Sementara itu hubungan dengan karyawan dijaga dengan memperhatikan hak dan kewajibannya secara adil dan wajar.
Perbandingan PT. Fajar Sanubari Travel dengan CV. Lapak Mandor
A. PT.
FAJAR SANUBARI TRAVEL
Perusahaan Fajar Sanubari Travel adalah perusahaan
swasta nasional yang bergerak dalam bidang jasa perjalanan (Mondar Mandir App),
seperti pemesanan tiket transportasi maupun pemesanan hotel.
Kantor : Jl.Anyelir No.50 A, Pejompongan Jakarta Pusat
Nomor : (021) 345342 Fax. 021 245244
E-Mail : FajarSanubariTravel@FST.com
B. CV. LAPAK MANDOR ONLINE
Perusahaan Lapak Mandor adalah Perusahaan Berbasis IT yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi serta mendapatkan jasa tukang bangunan secara lebih praktis dan efektif.
Kantor : Jl. K.H. Mas Mansyur, RT.2/RW.8,
Kb. Melati,
Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat,
Telefon : 021- 8552121
Kedua
Perusahaan tersebut ialah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan
berbasis IT dan bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan
informasi yang diperlukan. Berikut ini merupakan perbandingan antara perusahaan Lapak Mandor dengan
perusahaan Fajar Sanubari Travel:
1. Kedua
perusahaan memiliki perbedaan dalam hal bentuk perusahaan, perusahaan Fajar
Sanubari Travel adalah perusahaan yang berjenis PT, sedangkan perusahaan Lapak
Mandor berjenis CV
2. Aplikasi
yang di buat oleh PT Fajar Sanubari Travel dapat digunakan pada android dan
iOS, sedangkan Perusahaan Lapak Mandor tidak menjelaskan secara rinci aplikasi
dapat digunakan dalam platform apa saja
3.
Dilihat
dari struktur organisasi, kedua perusahaan tersebut memiliki perbedaan. Jika
perusahaan Fajar Sanubari Travel jabatan tertinggi dipegang oleh BOD, sedangkan
perusahaan Lapak Mandor jabatan tertinggi dipegang oleh CEO
4. Dari segi pembayaran,
pengguna jasa PT. Fajar Sanubari Travel dapat melakukan pembayaran melalui
aplikasi yang disediakan oleh perusahaannya sendiri. Sedangkan pada CV. Lapak
mandor tidak dijelaskan bagaimana sistem pembayarannya, sehingga akan
membingungkan pengguna nantinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar